PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK LOKAL DI PULAU NGUWAN

Authors

  • Tiurniari Purba Universitas Putera Batam
  • Erni Yanti Natalia Universitas Putera Batam
  • Vargo Christian L. Tobing Universitas Putera Batam

Keywords:

pelatihan, manajemen, pemasaran

Abstract

Menindaklanjuti hasil PKM sebelumnya di Pulau Nguan yaitu tentang pelatihan kewirausahaan kerupuk singkong bagi ibu ibu rumah tangga, diadakan PKM dengan topik Pelatihan Manajemen Pemasaran Produk Lokal. Pulau Nguwan  adalah salah satu pulau yang termasuk dalam Kecamatan Galang, Batam. Pulau Nguan berpenduduk 123 KK dan pada umumnya hidup dari menangkap ikan dan mencari kayu bakau. Beberapa keahlian dalam membuat produk dengan bahan mentah dari lokal sudah dipahami dan bisa dipraktikkan masing masing oleh ibu-ibu di Pulau Nguwan. Yang menjadi masalah adalah tidak adanya pemahaman bagaimana mendistribusikan hasil produk tersebut keluar dari Pulau Nguwan dalam artian menjual. Oleh karena itu, Tim PKM menawarkan kepada aparat Pulau Nguwan untuk memberikan pelatihan bagaimana melakukan pemasaran terhadap produk tersebut.  Metode pelaksanaan pelatihan ini diadakan selama dua hari, dimana hari pertama melakukan penyuluhan dan diskusi tenttang manajemen pemasaran. Hari kedua dilanjutkan dengan praktek berjualan secara offline dan online. Peserta pelatihan sebanyak 15 orang ibu rumah tangga. Hasil dari pelatihan ini memberikan respon yang sangat positif dan berharap ada keberlanjutan untuk pelatihan-pelatihan keahlian yang lain.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Purba, T., Erni Yanti Natalia, & Vargo Christian L. Tobing. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK LOKAL DI PULAU NGUWAN. JUPADAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal-adaikepri.or.id/index.php/JUPADAI/article/view/132