PENGARUH KONTEN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU FOLLOWERS

Authors

  • Sholihul Abidin Universitas Putera Batam

Keywords:

Konten; Informasi; Instagram; Media Sosial; Perilaku

Abstract

Salah satu jenis media baru yang hadir dan menjadi viral dikalangan penggunanya adalah media sosial. Salah satu media sosial yang dimaksud adalah Instagram dengan nama akun @semuatentangbatam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konten terhadap perilaku follower @semuatentangbatam. Jika iya, seberapa besar pengaruh konten informasi pencurian terhadap perilaku follower @semuatentangbatam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah follower @semuatentangbatam yaitu 201.000 (Februari 2023). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada sampel populasi yaitu 399 responden @semuatentangbatam yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana dan uji hipotesis. 3. Hasil uji koefisien nilai adjust R-squared sebesar 0,325838018 atau 32,6% sedangkan sisanya sebesar 67,4% dipengaruhi oleh variabel lain. 4. Hasil uji regresi linier sederhana dengan hasil persamaan regresi Y = 2,168 + 0,445 X1 mempunyai nilai positif, antara variabel isi (X) dan variabel perilaku (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Murjani. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Cross-Border, 5(1), 687–713.

Satinputra, A., Akhmad Kencana, N., Ekaputra, L., & Leonardo, Y. (2021). Ketergantungan Media Sosial dan Efeknya pada Perilaku Masyarakat terhadap Iklandi Instagram. PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.21632/perwira.4.1.37-48

Sugiyono. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 2018, 32–41.

Theodora, D. (2021). Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 12(1), 37–47. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.25152

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333Ahsani, H. F. (2018). Proses Branding Kallia Coffee Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Skripsi, 1–87.

Ansori. (2016). Kritik Sosial Dalam Lagu Bingung. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Arsih, R. B., S, S., & Susubiyani, A. (2018). Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dan Turnover Intention. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 97–115. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1787

Aulia, A., & Rusdi, F. (2022). Pengaruh Terpaan Konten Fesyen TikTok di Akun @nazwaadinda_02 terhadap Perilaku Konsumtif Pengikutnya. Prologia, 6(2), 304–311. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15499

Fallis, A. . (2013). Fungsi lain instagram selain sebagai alat berkomunikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fn Fitriana. (2017). berasal dari bahasa Latin. Remaja, 2005, 9–34.

Ilmiah, J., & Makna, K. (2022). Pemanfaatan New Media untuk Efektivitas Komunikasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Massa, 10(1), 28–42. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna

Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum, 10(1), 49–63. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223

Rahmawati, B., Goenawan, F., & Vidyarini, T. N. (2021). Sikap Ibu Rumah Tangga Di Surakarta Pada Pesan Iklan Televisi Lemonilo Versi “ Mie Hebat Untuk Keluarga Sehat ” Pendahuluan. Jurnal E-Komunikasi, 9(2), 1–9.

Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25

Siti Rohmah. (2021). Teori-teori komunikasi.

Sugiyono. (2018a). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 2018, 32–41.

Sugiyono. (2018b). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Sederhana. Universitas Udayana, 1–10. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/3218126438990fa0771ddb555f70be42.pdf

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Sholihul Abidin. (2023). PENGARUH KONTEN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU FOLLOWERS. Jurnal PROFITA : Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 22–32. Retrieved from https://jurnal-adaikepri.or.id/index.php/PROFITA/article/view/111