PEMBINAAN LITERASI DIGITAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KATOLIK BATAM

Authors

  • Heryenzus Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional
  • Cosmas Eko Suharyanto Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional
  • Renniwaty Siringoringo Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional
  • Suali Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional

Keywords:

Digital Marketing, Kewirausahaan, Teknologi Informasi

Abstract

Literasi digital adalah kunci untuk memberdayakan perempuan di era digital ini.  Dengan mengatasi hambatan dan meningkatkan literasi digital, perempuan dapat  memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital untuk mencapai  kemandirian ekonomi, pendidikan, dan partisipasi yang lebih besar dalam masyarakat.  Upaya untuk meningkatkan literasi digital di kalangan perempuan harus menjadi  prioritas dalam agenda pembangunan, guna menciptakan masyarakat yang lebih inklusif  dan setara. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan  perempuan pada Komunitas Pemberdayaan Perempuan Katholik Batam melalu  pembinaan tentang Tantangan Keamanan Digital, Peningkatan Keterampilan Wirausaha Rumah Tangga dan Pengoptimalan penggunaan media sosial untuk kegiatan  pemasaran usaha (Digital Marketing). Melalui kegiatan pengabdian ini 1) peserta dapat  mengidentifikasi potensi ancaman dalam penggunaan internet dan media sosial serta  melakukan pencegahan, 2) peserta dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan  rumah tangga, termasuk memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan visibilitas  dan keuntungan usaha mereka, serta 3) peserta mampu merancang dan melaksanakan  strategi pemasaran sederhana menggunakan media digital.

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Heryenzus, Cosmas Eko Suharyanto, Renniwaty Siringoringo, & Suali. (2025). PEMBINAAN LITERASI DIGITAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KATOLIK BATAM. JUPADAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 104–114. Retrieved from https://jurnal-adaikepri.or.id/index.php/JUPADAI/article/view/151